Wednesday, May 14, 2014

Nijikon, The Freak Syndrome

Hai teman-teman, kemaren saya kan udah apdet tentang weeaboo, kali ini saya bakal ngejelasin soal sindrom yang unik dari Jepang. Mungkin bagi kalian yang merupakan penggemar berat dari anime-manga Jepang udah tau apa itu nijikon.
Nijikon itu bukan sindrom biasa. Menurut wikipedia:
Nijikon (二次コン) adalah istilah yang dalam bahasa Jepang  digunakan untuk merujuk orang yang hanya tertarik atau terobsesi dengan wujud dua dimensional berupa karakter anime, manga, dan permainan video, yang umumnya dipresentasikan di atas kertas atau layar, beserta figur boneka dari karakter tersebut. Istilah ini merupakan singkatan dari istilah Nijigen kompurekkusu (二次元コンプレックス, Nijigen kompurekkusu, 2-dimension complex).

Pada kasus yang serius, laki-laki penderita Nijikon hanya memiliki rasa cinta kepada karakter perempuan dalam anime, manga, atau permainan video. Pada pria maupun wanita penderita Nijikon, minat seksual terhadap manusia lawan jenis atau kehidupan nyata sudah tidak ada lagi.

Nijikon lebih banyak ditemukan pada kalangan pria. Pria cenderung lebih mudah ‘terserang’ nijikon, mengingat nafsu cowok terhadap cewek lebih besar ketimbang sebaliknya. Selain itu, di pasaran anime/manga shonen (yang biasanya melibatkan chara cewek yang good-looking atau ‘moe’) lebih banyak.
Cowok nijikon cenderung lebih menggemari anime/manga imut alias ‘moe’, seperti K-On!, Lucky Star, Shakugan no Shana, Suzumiya Haruhi no Yuutsu, CLANNAD, Hayate no Gotoku!, dan sebagainya, daripada anime/manga ‘cowok’ semacam Naruto, Bleach, One Piece, Full Metal Alchemist, atau Death Note. Jadi bisa disimpulkan, kalo mereka itu ngondek alias nggak macho karna tontonannya yang imut-imut gitu (?) #sorry
Gulingnya sampe dipeluk-peluk gitu... jibang-jijik banget!
Ciri-ciri cowok yang terkena sindrom freak ini antara lain (maaf kalo ngaco):
1. Punya daya khayal ketinggian
2. Jarang bisa berpikir realistis
3. Mengaku-ngaku sebagai pasangan dari karakter kartun tersebut
4. Suka mengkoleksi benda/gambar-gambar yang ada hubungannya dengan sang karakter
5. Umumnya merupakan golongan otaku tingkat atas, alias udah freak banget
6. Cenderung nggak tertarik dengan cewek asli di dunia nyata, lebih tertarik sama karakter kartun
7. Jomblo sejati (haha kasian)

Wah-wah, ngeri juga ya? Di Jepang sendiri udah banyak kasus Nijikon yang menghebohkan publik dan sangat kontroversial. Banyak yang di kamar tidurnya dipenuhi gambar-gambar karakter cewek anime favorit. Bahkan, gulingnya pun berspreikan gambar cewek anime, biar bisa dipeluk-peluk kali ya?! Lebih gila lagi, ada yang pernah menikahi tokoh dalam game anime, memacari boneka anime, atau semacamnya! Kalo ini pastilah namanya jomblo ngenes. OMG!

Sampe dikawinin tuh gulingnya??? Oh man...!
Nijikon jarang sekali ditemukan pada kalangan cewek, mengingat cewek kebanyakan lebih menggemari drama-drama Korea/Jepang yang kebanyakan melibatkan cowok-cowok ganteng. Namun kalaupun ada kalangan cewek yang Nijikon, ciri-cirinya sendiri tidak berbeda jauh dengan cowok nijikon.

Gimana bloggers, kalian termasuk nijikon apa enggak nih?