Monday, June 30, 2014

Keitai, Ponsel Jepang yang Unik


Hai minna-san!
Di liburan panjang yang lumayan membosankan ini, saya akan berbagi tentang 'sesuatu' yang unyu-unyu
Yaituuu... jeng jeng, keitai denwa alias handphone Jepang, yang sering banget muncul di anime-anime sama dorama-dorama itu tuh. 
Bedanya apa ya, sama HP yang di Indonesia? Banyak banget pokoknya, menurut yang saya baca di blog-blognya orang sih, perbedaannya antara lain sebagai berikut.
1. Ponsel di Jepang tidak dijual bebas. Kalo mo beli harus di agen resmi plus pake segala macam persyaratan yang ribet benget dah.
2. Enggak bisa bebas gonta-ganti kartu. Di Jepang, ponsel yang dijual udah sepaket sama kartu SIM-nya, alias udah dil-lock dari sononya. Jadi, satu HP cuma bisa buat satu operator.
Di Indonesia banyak dijumpai operator HP macam telkomsel, indosat, xl, dsb. Tapi, di Jepang cuma ada 3 provider (operator) aja, yaitu Docomo, Softbank, dan KDDI.

3. Beli ponsel pun harus pake kontrak. Jadi, kalo kamu membeli ponsel dari suatu provider, harus menandatangani kontrak untuk menjadi menggunakan layanan itu selama dua tahun. Ini dimaksudkan agar provider nggak rugi.
4. Di Jepang jarang digunakan SMS, yang lebih sering yaitu mail. Kenapa? Soalnya kalo sms lebih mahal, terutama kalo ke operator yang berbeda. Dengan mail, orang bisa mengirimkan sesuatu tanpa dibatasi.
Dengan emoticon yang kawaii-kawaii :3
5. Ponsel di sana harganya lebih murah, karena udah disubsidi sama pihak provider. (Tapi kenapa kalo dijual di Indonesia jadi mahal bingittt bahkan melebihi iPhone??) Namun pulsa yang dipake mahal sekali, bisa sampai lima ratus rebu per bulan. Oiya, di Jepang, kebanyakan yang dipake itu pulsa jenis pascabayar, jadi mbayarnya kek bayar telepon, per bulan gitu. Jadi nggak ada istilah ngutang beli pulsa ke tetangga, hehe...
Hape xperia miku ginian aja bisa nyampe 9 juteee, ajegile!
6. Keitai kebanyakan bertipe  flip atau lipat. Emang sih, fiturnya banyak dan canggih. Tapi, aku nggak mengerti kenapa ponsel tipe lipat sangat populer di Jepang selain karena dapat membuat kita tampak keren saat menjawab telepon dengan membukanya dengan satu tangan. Hahaha... (Coba aja ingat-ingat dorama-dorama kek bloody monday. Pas aktornya lagi angkat telepon aja bisa tampak keren bingit, bukan?) 
Sony Ericsson Bravia S004, tipe gue banget noh!
Aneka macam keitai tipe flip, ayo pilih yang manaaa?
Salah satu yang paling aku favoritin nih, Softbank 007SH yang bisa flip juga touch
Harganya kalo dijual di Indonesia sekitar 4,8 juta loh... jangan remehin :3
Kayak mainan ya HP kitty yang so cute kayak gin
Oke, hanya karena nonton anime sama dorama yang menampilkan keitai yang kawaii, saya jadi kepincut sangaaatt sama HP flip macam ini! Apalagi kalo saling berkirim mail dan banyak emoticon/emoji yang unyuh-unyuh, tak henti-hentinya saya berdecak kagum.
Kalau kamu, gimana?

No comments: