Wednesday, April 30, 2014

Fakta Yakuza yang Perlu Kamu Tau

Hai, kali ini saya akan posting artikel tentang yakuza. Buat kalian yang belum tau, yakuza itu merupakan sindikat kriminal Jepang yang terorganisir, seperti triad yang ada di bagian lain benua Asia, atau mafia yang ada di Barat. Tetapi, operasi dan peran sosial yakuza sangat berbeda dengan organisasi kriminal lainnya. Exactly, yakuza ini lumayan mainstream. Mereka punya gedung kantor, dan juga memiliki tempat tersendiri di media populer Jepang. Berikut ini fakta-fakta tentang yakuza, cekidot!

1. Ritual Upacara Penerimaan
Anggota yang baru masuk kedalam yakuza diharuskan patuh kepada anggota yakuza lama. Hal ini dinamakan kobun, yang berarti “peran anak kecil.” Yakuza memiliki struktur kepemimpinan yang rumit, dan ada banyak sekali lapisan yang harus dilalui seseorang yang ingin mencapai puncak struktur tersebut.
Ritual upacara penerimaan untuk anggota baru adalah upacara yang melibatkan sake, yang dikenal dengan nama sakazukigoto. Para anggota baru ini duduk menghadap oyabun mereka, atau “peran ayah,” dimana minuman dipersiapkan oleh anggota lainya. Anggota baru ini mendapatkan porsi kecil sake, dan cangkir para sponsor mereka diisi penuh, yang menandakan status mereka. setiap orang meminum dari cup mereka, sebelum bertukar dan meminum minuman lagi, dan setelah itu upacara penerimaan ini selesai. Hal inilah yang mempresentasikan penciptaan ikatan adoptif antara anak dan ayah.

2. Sokaiya
Sokaiya adalah bentuk dari penyuapan berskala besar yang dipraktekkan yakuza. Pertama, mereka akan membeli saham dalam satu perusahaan, cukup besar sehingga mereka memiliki tempat dalam rapat pemegang saham. Mereka lalu mencari tahu “kebusukan” para pimpinan perusahaan tersebut sebanyak mungkin. Setelah itu, mereka akan memeras para pimpinan perusahaan, dengan cara mengancam akan membeberkan rahasia “buruk” pimpinan di depan rapat pemegang saham. Orang-orang Jepang memang terkenal takut akan malu diatas semua hal, jadi taktik ini biasanya bekerja.

3. Bantuan Bencana Alam Yakuza
Saat tsunami menghantam Jepang pada tahun 2011, para yakuza termasuk orang pertama yang pergi ke daerah yang terkena bencana dan menolong para korban. Di tahun 1995, saat gempa bumi terjadi di Kobe, yakuza menggunakan skuter, perahu, dan bahkan helikopter untuk mengantarkan bantuan kesana.
Beberapa orang mengatakan bahwa bantuan yakuza ini didasarkan karena mereka adalah kumpulan orang terbuang, dan bersimpati dengan orang-orang yang berjuang hidup tanpa bantuan pemerintah. Beberapa lainnya mungkin terlihat sinis, menganggap bahwa tindakan mereka hanyalah untuk membangun imej. Karena tindakan mereka ini para polisi Jepang menjadi lebih sulit mendapatkan dukungan dari masyarakatnya sendiri.

4. Tattoo
Salah satu dari imej ikonik tentang yakuza adalah seni tattoo seluruh tubuh yang rumit. Tattoo ini menggunakan metode tradisional yang bernama irezumi. Tattoo dilihat sebagai tanda keberanian seseorang karena orang tersebut dapat menahan rasa sakit yang dihasilkan metode irezumi. Sekarang ini, jumlah non-yakuza yang menggunakan tattoo semacam ini meningkat cukup tinggi. Desain yang populer untuk tattoo ini adalah naga, gunung, dan juga wanita.

5. Yakuza dalam Politik
Pada tahun 2012, menteri hukum Jepang, Keishu Tanaka, dipaksa untuk mengundurkan diri dari jabatannya karena ketahuan memiliki hubungan dengan yakuza. Tetapi ternyata, memiliki hubungan seperti ini tidak begitu merusak untuk para politikus Jepang. Partai Demokrat Liberal, yang menguasai jepang 54 tahun, memiliki hubungan erat dengan yakuza, yang didokumentasikan dengan baik. Perdana Menteri Parta Demokrat Liberal pertama, Nobusuke Kishi, memiliki hubungan erat dengan Yamaguchi-gumi, organisasi yakuza yang paling terkenal di Jepang. Pada tahun 1971, dia, dan para politikus lainnya, berusaha untuk menjamin pimpinan Yamaguchi-gumi dari tuntutan pembunuhan. Dia juga menghadiri pemakaman dan pernikahan yakuza.

No comments: